RUANG KELUARGA


Ruang keluarga  merupakan jantungnya rumah karena tempat berkumpulnya anggota keluarga  dalam suasana santai, hangat dan akrab.  Agar kondisi ini dapat terpenuhi oleh setiap anggota keluarga maka harus ditata secara maksimal dengan memperhatikan letak ruang keluarga tersebut.

Yuk simak apa saja yang harus diperhatikan dalam mengolah ruang keluarga.

          1.  Pemandangan yang menarik.

Pemandangan yang menarik dapat menambah kenyamanan pada ruang keluarga seperti taman kecil, taman disamping rumah, dengan menempatkan kaca transparan yang membatasi ruang keluarga itu dengan taman dengan seperti itu akan lebih menjamin kenyamanan interaksi dan komunikasi pada ruang keluarga tersebut.

          2. Pemilihan Warna .  

Untuk menciptakan ilusi ruangan lebih luas, anda dapat mengganti cat menjadi warna yang lebih terang seperti krem, peach atau pink pucat, biru terang atau abu-abu. Pemilihan warna juga dapat membangkitkan suasana atau mood.  Jika anda ingin memasukkan unsur warna berani, misalnya anda dapat mengganti warna cat dengan yang cerah agar nampak bersih dan segar, dan menggunakan warna berani untuk memberikan sentuhan unik dan segar.

          3.  Furnitur yang dipakai. 

Jika dimensi ruang terbatas, tentu hal ini menjadi sesuatu yang harus benar-benar diperhatikan. Misalnya sofa yang besar akan membuat ruangan terlihat lebih nyaman, tapi perlu diingat bahwa pemilihan sofa adalah sesuatu yang vital untuk ruang tamu/ruang keluarga. Pilih furnitur yang multifungsi. Jika sering ada tamu menginap dan anda tak punya ruang tidur tamu misalnya, anda dapat membeli sofa kecil yang dapat ditarik jadi tempat tidur (sofabed)

          4. Pembentukan Ruangan 

Tiga elemen pokok pembentuk ruangan yaitu plafon, dinding dan lantai, Untuk menciptakan kenyaman terhadap ruang keluarga dapat dilakukan pengolahan terhadap 3 elemen pokok ini pengolahan tersebut seperti tekstur dan juga warna yang diaplikasikan tergantung gaya yang dinginkan keluarga.

Yuk simak prinsip desain & tata ruang pada ruang keluarga.

Bentuk kenyamanan pada ruang keluarga tentu berbeda dengan keluarga lainnya. Kebutuhan dan kebiasaan yang dilakukan pada setiap keluarga menjadi dasar menciptakan suasana nyaman ini.

Meski tidak sama ada beberapa prinsip yang dapat dijadikan pegangan dalam penataannya berikut prinsipnya.

          1.  Sirkulasi Udara & Pencahayaan.

Sirkulasi udara yang baik akan memberikan kesegaran dan kenyamanan, tidak sumpek dan lega, dan dapat menciptakan suasana kenyamanan pada ruangan tersebut.

          2. Tata Ruang dan Desain Ruang

Tata ruang tentu sangan mempengaruhi kesan visual dalam sebuah hunian , yang dapat memberi jiwa pada ruang yang efeknya akan dirasakan oleh penghuni tersebut. Penataan itu dapat menciptakan nilai penting sebuah ruang keluarga yaitu kenyamanan, kehangatan dan keakraban.

         3. Flow Sirkulasi 

Sesuai fungsinya sebagai pusat pertemuan didalam rumah, maka sebaiknya ruang keluarga terletak di tempat yang sangat strategis di mana pencapaiannya mudah dari segala arah.

         4. Zona Area 

Penentuan setiap ruang masuk ke zona tergantung dari fungsi setiap ruang itu sendiri , ruang keluarga merupakan ruang yang seharusnya berada pada zona umum/semi privat, prinsip pembagian zona nantinya dapat digunakan sebagai pegangan dalam penataan ruangannya.

Apakah ruang keluarga Anda sudah sesuai dengan fungsinya?
Jika belum, yuk lengkapi ruang keluarga dengan berbagai furnitur yang nyaman agar waktu berkumpul bersama keluarga jadi lebih berkualitas.